Skip to content

Morning Mood Booster!

September 11, 2017

cameff_1504080442088

One small thought in the morning can change your whole day. Yes, indeed! Wake up in early morning every day, lalu menyiapkan diri beraktivitas menuju selatan kota Jakarta, bukanlah hal yang mudah. Keras dan kemacetan jalan di ibu kota, terkadang menguras energi lahir dan batin. Setuju kan? haha. But, life is all about enjoying every single moment, isn’t it?  Dan, bahagia itu kita sendiri yang menciptakan.

Bergabung di komunitas raw food dan clean eating, mengajarkan saya banyak hal betapa pentingnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan membuat saya lebih kreatif menciptakan kebahagiaan dalam mengawali hari.  And… this is my morning mood booster. Pagi setelah bangun tidur, saya selalu mengawali hari dengan bersyukur, lalu membuat segelas air hangat dengan perasan lemon dan mengkonsumsi buah. Kenapa buah? Nah, ini penting. Pertama, vitamin dan mineral buah-buahan membuat hari saya menjadi lebih energic. Keduakerja pencernaan tidak terlalu berat karena tidak langsung mengkonsumsi makanan yang sudah dimasak. Ketiga, buah memiliki enzim, dimana ketika kita mengonsumsinya di pagi hari, aksi enzimatik akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik. Sehingga hal tersebut dapat mengatur kekebalan dan juga metabolisme. Keempat, serat yang terdapat di dalam buah-buah, bisa mendetoks tubuh kita dan mendorongnya langsung ke usus besar. Kelima, vitamin C dan antioksidan yang tinggi  dalam buah secara efektif dapat meredakan stres.

 

IMG_20170709_144455

 

Potongan pepaya, melon, pisang, nanas dan buah naga adalah  favorite saya di pagi hari. Tapi yang paling  favorite adalah dibuat green smoothies. Selain simple dinikmati dalam perjalalan, saya juga bisa berkreasi kombinasikannya dengan beragam sayur dan buah. Buah favorite yang dipakai tentu saja, pisang! Tidak sembarang pisang, yang bisa membuat smoothiesmu terasa lezat.  Saya memilih pisang Cavendish Sunpride. Kenapa? Pertama, teksturnya yang lembut dan rasanya yang legit cocok sekali untuk membuat smoothies. Bagi kamu yang tidak suka green smoothies karena ada sayuran horenso/kale/pokchoy, jangan khawatir! pisang cavendish sunpride ini menutup sempurna rasa langu dari sayuran tadi. Yummy, trust me!  Kedua,  pisang ini adalah hasil dari petani lokal yang ditanam dikebun lereng Gunung Sewu, Lampung. Yuk, mensejahterakan petani lokal, dengan mengonsumsi buah-buah lokal nusantara. Jadi, sudah pasti donk pisang pasti sunpride

 

IMG_20170830_151730_568

 

Nah, ini adalah green smoothies favorite saya. Isinya pisang, kale dan horenzo yang kemudian di blend. Tidak perlu tambahan pemanis apapun, semuanya alami dari manisnya pisang cavendish sunpride. Kamu bisa menambahkan cube ice, atau sebelum membuat smoothies, kamu bisa membekukan pisang cavendish sunpride di frezer terlebih dahulu. Rasanya, delicious! Dijamin membuat harimu makin berenergi.   Karena pisang  memiliki sejuta manfaat. Selain banyak mengandung serat, dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko anemia, memperbaiki pencernaan, mengandung vitamin C yang merupakan anti-oksidan penting untuk menetralkan radikal bebas berbahaya serta mengurangi risiko stres,  pisang juga dapat meningkatkan mood seseorang. Di dalam buah pisang mengandung tryptophan, yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menerima serotonin atau hormon kebahagiaan. Pas banget, kan?

 

IMG_20161016_124417

Tidak hanya dibuat smoothies saja, pisang cavendish sunpride ini juga sering saya kreasikan untuk membuat cake, seperti Eggless Choco Banana Cake with Streusel. Enak!

 

IMG_20161022_164500

Bisa juga dibuat Vegan Brownies, karena texture pisang cavendish sunpride yang lembut bisa menggantikan telur dan menghasilkan texture yang  bagus pada brownies.

 

IMG_20161016_140621

Favorite saya adalah Eggless and Gluten Free Banana Cup Cake. Keluarga di rumah suka sekali dengan rasanya.

IMG_20170823_170047_589

Selain menjadi buah potong, dibuat smoothies dan bahan dasar cake. Pisang cavendish sunpride juga bisa dibuat sebagai varian rasa yang sangat favorite untuk granola. Dan ini adalah granola rasa Banana Cinnamon. Yummy! Siapa saja pasti suka! Buat saya, sebagai penggiat clean eating, mengeksplorasi pisang untuk diaplikasikan ke berbagai macam makanan adalah hal yang mengasyikkan.  So, bagaimana dengan kamu? sudah makan buah pisang hari ini>

Eitss, bukan hanya buahnya saja. Kulit pisangnya juga masih bermanfaat, lho! Saya biasa mengumpulkan kulit pisang, lalu merendamnya di dalam sebuah wadah, selama semalam. Air rendaman itu bisa digunakan sebagai pupuk cair pada tanaman hidroponik dan ampasnya bisa digunakan untuk pupuk kompos.  Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali beli sesisir pisang, berjuta manfaat kita dapati.

 

IMG20170831065711

Ini adalah salah satu tanaman kangkung hidroponik yang diberi pupuk cair dari rendaman kulit pisang. Yeaayy!

 

IMG20170831070110

Dan ini adalah tanaman cabai yang mulai berbuah. Cabai ini diberi pupuk kompos dari kulit pisang. Bahagianya saya! That’s why, I really love banana!

Terus, dimana bisa mendapatkan pisang cavendish sunpride? Jangan khawatir, pisang ini mudah sekali didapatkan. Di supermarket, toko buah maupun di pasar tradisional ada dan harganya pun sangat terjangkau! Yuk, tunggu apalagi? Mari konsumsi pisang cavendish sunpride. Sehat, 100% nusantara dan mengandung berbagai manfaat.

So, cavendish sunpride tidak hanya menjadi buah favoriteku, tapi juga teman setia untuk aktivitas harianku. Yes, my morning booster, everyday! Dari buah hingga kulitnya, semuanya bermanfaat!

 

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: