Skip to content

Raw Almond Milk

November 3, 2014

IMG_20150830_065535

That was my first time made Raw Almond Milk. Kenapa Almond Milk? ini menjadi pertanyaan saya, ketika pertama kali bergabung dalam komunitas Instagram #IndonesiaMakanSayur #RawFood. Then, I got the answer. Raw Almond Milk (RAM) merupakan susu yang terbuat dari ekstrak kacang almond. Tentunya, kacang almond yang digunakan merupakan raw almond alias tidak dipanggang atau diolah lebih dulu. Bagaimana bisa mendapatkannya? tidak terlalu sulit. Anda bisa mengunjungi NomNom Super Food. Di sini anda bisa mendapatkan berbagai jenis almond dan super food lainnya. Pelayanannya juga maksimal dan cepat.

Ini adalah beberapa alasan untuk mulai mengonsumsi Raw Almond Milk: bebas laktosa, tidak mengandung kolesterol dan kaya akan lemak baik, rendah kalori, menjaga kekuatan tulang (karena mengandung vitamin D dan kalsium yang tinggi), menjaga kekuatan otot (karena mengandung vitamin B -riboflavin dan zat besi), kaya akan serat dan rendah karbohidrat. Namun, tidak disarankan untuk yang alergi kacang-kacangan.

Kelebihan lain susu almond dibanding susu kedelai adalah rasanya yang lebih gurih dan kalorinya yang rendah. Almond merupakan makanan yang low GI (Glicemic Index), yaitu index kecepatan dari suatu makanan untuk diproses menjadi gula oleh tubuh. Sayangnya susu almond tak bisa menjadi sumber protein karena kandungan proteinnya rendah.

Ok, so let’s make Raw Almond Milk.
Bahan- bahan:
1 cup whole almond
3 cup air matang
4 buah kurma, buang bijinya dan potong kecil-kecil
1 sendok essense vanila (sesukanya)

Peralatan:
Blender, Nut Milk Bag (bisa diganti dengan cheesecloth, atau kain serbet yang berpori-pori kecil). Saya memakai saringan biasa -hehe.

Cara membuat:
Pertama, cuci bersih kacang almond. Kemudian rebus air. Setelah mendidih, rendam kacang almond selama lima menit. Lalu kupas kulit almondnya. Kulit cokelat pada almond mengandung asam tannin yang merupakan zat penghambat nutrisi. Seperti kacang pohon atau lebih tepatnya benih, almond dilindungi oleh kulit dari sinar matahari dan kelembaban. Ketika Anda merendam almond, kulit almond akan terkelupas dengan mudah, tentunya akan menjadi tidak sulit memperoleh nutrisi di dalamnya. Dengan demikian, almond direndam lebih bergizi daripada yang kering. Kedua, rendam almond yang sudah dikupas kulitnya dengan air dingin selama delapan jam untuk menghilangkan lemaknya. Ketiga, masukkan almond yang sudah direndam ke dalam blender + air ย matang. Giling hingga halus. Lalu masukkan kurma dan essense vanila. Keempat, saring ampas almond pakai penyaring atau penyaring kain (cheesecloth). Kelima, masukkan air perasan tadi ke wadah, jika dimasukkan ke lemari es bisa tahan untuk 3 – 5 hari. Keenam, sajikan.

Takaran almond yang baik adalah 1 : 3, artinya setiap 1 cup almond dicampur dengan 3 cup air matang, dan begitu juga kelipatannya. Anda bisa mengganti kurma dengan madu. Selain itu anda juga bisa menambah chia seeds, matcha powder atau cocoa powder secukupnya. Satu hal yang perlu diingat, almond yang sudah direndam dan ditiris sebaiknya segera diolah, karena almond yang sudah direndam tersebut akan cepat rusak.

Happy monday! Selamat mencoba!

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: