Skip to content

Plan for Ramadhan #Program Berbagi

July 22, 2014

20140722_084003
Kali ini saya sekedar ingin share mempersiapkan bingkisan atau paket sembako untuk Ramadhan maupun Idul Fitri. Beberapa hari sebelum ramadhan, di timeline banyak sekali meretweet gerakan ‘Sembako Ramadhan”. Buat saya itu keren bangeet! Artinya gerakan berbagi ini sudah mulai masif dan merambah ke berbagai lini masyarakat. Bahagia kalau bisa ‘urun tangan’ ramai-ramai (kalau Pak Anies ‘turun tangan’, hehe), hasilnya lebih maksimal. Bukan hanya Indonesia, tapi dunia Islam menuntut kontribusi kita, apapun itu. Hopefully, one day tidak ada lagi kemiskinan di Indonesia. Karena semua masyarakatnya, berlomba-lomba untuk bersedekah.

Menurut kami ini bukan tradisi, tapi ini layak dijadikan sebagai program di Bulan Ramadhan. Setiap tahunnya harus memiliki target. Lantas apakah program ini tanpa perencanaan? tentu saja tidak. Point ini yang ingin saya share, sehingga realisasi perencanaan program menjadi maksimal. Perencanaan disini maksudnya apa? tentu saja perencanaan keuangan dan target bantuan yang mau didistribusikan. Saya pribadi masih belajar, namun dalam pembelajaran ini, saya ingin sekali berbagi.

Yuk, kita mulai dari perencanaan keuangan. Untuk teman-teman yang bandel seperti saya (baca : cash flow keuangan pribadi berantakan) cara ini cukup jitu dan aman. Pertama, tetapkan target selama sebelas bulan sebelum ramadhan. Kedua, tetapkan presentase (%) untuk infaq dan program berbagi sembako dari target dana yang ditetapkan. Ini diluar dari zakat penghasilan dan sedekah setiap bulan ya. Ketiga, siapkan rekening khusus (tabungan berencana) atau celengan (tapi ini rentan dengan pembobolan, hehehe) agar menjadi dana untouchable. Jika anda membuka tabungan berencana, maka itu sudah menjadi komitmen yang tidak bisa dilanggar. That’s why ini lebih efektif. Keempat, ajaklah orang-orang di keluarga, lingkungan rumah atau teman yang memiliki program yang sama (ini lebih dahsyat). Kelima, tetapkan schedule untuk data orang-orang yang wajib disantuni di sekitar rumah atau daerah yang sudah disurvey menjadi lokasi pendistribusian serta tanggal pendistribusian barang.

20140722_084711
Selanjutnya, pengadaan barang. Pertama, lakukan survey dari jauh hari. Kedua, hindari membeli saat sudah memasuki bulan ramadhan. Selain harga-harga sudah naik, ini akan menyita waktu. At least, barang utamanya sudah didapat kalau pelengkap bisa didapatkan sambil berjalan (baca : bisa lirik-lirik discount dan promo yang menguntungkan). Ketiga, disarankan membeli langsung dari pusat grosir. Buat paket menjadi perlusin (1, 2, 3 lusin dst). Beberapa item, harganya memang jauh lebih hemat dibandingkan dengan supermarket/hypermart, even si supermarket/hypermart tersebut sudah mengklaim dengan discount dan harga termurah. Keempat, pilih produk yang bermanfaat. Kelima, pilih kemasan bingkisan dengan kardus (bisa didaur ulang), jangan plastik atau box plastik. Keenam, berdo’a semoga semuanya menjadi berkah.

Sebenarnya ada satu tips lagi. Biasanya menjelang hari raya, ada beberapa perusahaan yang memberikan pegawainya bingkisan. Atau bahkan anda mendapatkan dari klien (gratifikasi ;p), sehingga menjadi bertumpuk. Jika anda salah satunya, saran saya repacking itu semua. Silahkan ambil yang perlu. Atau semuanya bisa anda berikan kepada yang berhak. Kenapa? bisa jadi ada skenario Allah yang ditetapkan melalui perantara kita. The more we get, the more we give. I really talk to my self.

Alokasi semua itu, belum termasuk Tunjangan Hari Raya. Nah, sekarang tinggal tugas memanage dana THR. Siapa yang sudah ahli? please let me know ya. Hehehe. Well, saya benar-benar masih belajar. Thanks to eonni yang mengajarkan saya banyak hal. Ok, cukup sekian. Selamat menunaikan Ibadah di bulan Ramadhan 1435 H. Barakallahu fikum.


a very late post
Depok on July 2014
Happiness is not so much in having as sharing. We make a living by what we get, but we make a life by what we give –Norman Macewan.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: