Skip to content

Gochujang (고추장)

May 18, 2014

20140518165508901


고추장. Gochujang. Si pasta cabai dari Korea. Cukup sulit menemukan ‘Si Merah’ ini. Saya sudah menelusuri Giant dan Hypermart, namun tak kunjung dapat. Finally saya menemukannya di Carrefour. Syukurlah, tidak perlu ke Lottemart. JAUH = MALES :D.

Bahan utama gochujang adalah beras ketan dan bubuk cabai. Gochujang itu berarti gochu (고추, cabai) dan jang (장, bumbu). Eh, tapi Jang juga bisa berarti lapangan, hehe. Secara tradisional, pembuatan gochujang dilakukan di halaman rumah, di simpan hingga matang di dalam tembikar berukuran besar, dibawah sinar matahari atau difermentasi. Tembikarnya dikenal dengan jangdokdae (장독대). Ciri khas gochujang adalah rasanya yang pedas dan sedikit manis walaupun kelihatan sangat merah. Di Korea, gochujang adalah bumbu yang sangat penting.

Bahan baku dan resep gochujang bisa dari campuran berbagai jenis tepung seperti kedelai, bubuk cabai, garam dapur, kecap asin kemudian dimatangkan dengan difermentasi. Sebagai hasil fermentasi, rasa pedas cabai menjadi berkurang, dan beras ketan menjadi manis. Ini menjadi basic spice jika kita ingin membuat Bibimbab (비빔밥), Kimchi Jjigae (김치 찌개), Ddeokbokki/Tteokbokki/Topokki (떡볶이). Rasa dan baunya khas.

Tulisan 태양초 100% di atas, maksudnya difermentasi 100% dibawah sinar matahari. Fermentasi ini menghasilkan ethanol. Berdasarkan Fatwa MUI, ethanol yang merupakan senyawa murni yang bukan berasal dari industri khamar adalah suci. Tidak lebih dari 1 %. Gochujang ini mengandung 0,7 %. Jadi Insha Allah aman. Correct me if I’m wrong. Tapi mau lebih aman lagi, bisa membuat sendiri. Saya belum pernah mencoba. HAHAHA. Tapi akan mencobanya. Lebih aman. Dari hasil googling, resep ini bisa di coba :

Bahan dasar :
3 sdm beras ketan
3 sdm bubuk cabe merah (bila perlu bisa ditambahkan)
3 sdm cuka
1 sdm gula pasir
5 sdm kecap asin
5 siung bawang putih (cincang halus/dihaluskan)

Cara Membuat
Campur cabe merah bubuk, kecap asin, gula dan bawang putih halusnya. Aduk hingga larut. Lalu tambahkan cuka dan beras ketan juga sedikit gula lagi. Aduk sampai tercampur rata. Gochujang sudah siap dipergunakan. Kalau mau lebih enak, bisa difermentasikan dengan menyimpannya di wadah tertutup yang kedap udara selama beberapa hari. Lalu setelah itu pindahkan ke kulkas. Tapi lebih baik membuat sekali pakai ya. Variasi resep yang lain juga banyak, bisa googling. Selamat mencoba!.

Advertisements
3 Comments leave one →
  1. asriana permalink
    July 22, 2014 9:20 AM

    syukron Mba Desi… terinspirasi banget, jadi buka gochujang, udah pernah merasakan tapi kurang bersahabat sama lambungku*mmng punya maag akut*…. ada rekomend restoran korea yang halal gak mba? syukron

    Like

    • July 22, 2014 3:58 PM

      Afwan Asri… di Perpustakaan UI sama FISIP UI ada. Kemarin sempat googling, ada di Jakarta tapi lupa namanya :p. Maap.

      Like

Trackbacks

  1. 김치 찌개 | Enrichment Our Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: