Skip to content

SPS #Jangan Kalah Oleh Masalah

October 16, 2011


Kalau Khalid bin Walid berkata “daripada kalian sibuk menghitung jumlah musuh, maka lebih baik memenggal kepala mereka satu per satu“, maka saya akan berkata “daripada saya sibuk menghitung buku yang belum dibaca, lebih baik saya mengeksekusi buku satu per satu“, jauh banget ya? hehe. Kalau di buku ini dituliskan : siapa pun yang berpikir memberi, yakinlah selalu ada inspirasi yang mengiringi dan jika kita berpikir memberi, maka kita akan selalu kaya melampaui batas-batas ketidakberdayaan kita. Hal itulah yang menggerakkan saya untuk berusaha terus memberi melalui berbagi. Dengan apa yang saya miliki, apa yang saya bisa, apa yang ada…, meskipun sederhana. Karena memberi selalu punya banyak cara. Salah satunya berbagi ilmu dengan mereview buku. Meskipun saya yakin, review ini tidak bisa merepresentasikan keseluruhan dari isi bukunya. Karena sejatinya, buku ini memang untuk dipraktekan. Trust me!.

Awalnya, buku ini saya ambil sebagai bahan tugas di bulan Ramadhan, setelah membaca maraji’ yang menjadi sumber inspirasi penulisnya. Saya berpikir “oke ini bagus untuk charge energy yang melemah, cukup berbobot dengan pemilihan bahasa yang ringan”. Belagu ya, padahal ini berat lho untuk dipraktekan!.

Bagi anda yang ingin menjadi pribadi berkarakter kuat dan cerdas, tidak mau kalah oleh masalah? Nah, ini salah satu buku rekomendasi untuk anda! Saya >>>> merasa JAAUHH SEKALI dari pribadi itu! #prihatin dengan diri sendiri.

Disini anda akan menemukan bagaimana menjaga spirit agar tidak mudah sakit, menjaga langkah dengan istiqomah, bagaimana masalah akan membentuk kepribadian kita, manajemen pemecahan masalah, kekuatan do’a hingga muhasabah diri. Tentunya bukan hanya rangkaian kata dan materi, karena sejatinya buku ini memang untuk dipraktekan! Bagi saya, buku ini seperti menjemput spirit yang telah terkubur.

Teman, terkadang ketika sebuah buku hadir di hadapan kita, lewat cara apapun (bukan hanya buku sih, in case kita lagi mereview buku), maka boleh jadi ada jawaban dari permasalahan kita disana. Ada inspirasi di sana. Petunjuk yang Allah berikan bagi hamba-hambaNya yang mau berpikir. Tidak ada slide peristiwa yang terjadi di kehidupan kita secara kebetulan, iya kan? Hanya tinggal kemampuan kita, memetik hikmah dari apa yang terjadi di hadapan ataupun di sekeliling kita. Karena Allah mentarbiyah hamba-Nya dengan cara yang tidak terbatas. “Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatkanNya di depanmu. Kenalilah Allah di waktu senggang niscaya Dia akan mengenalmu di waktu susah“. (H.R Tirmidzi)

Di salah satu halaman pembukanya tertulis, “nasihat agama itu seperti menyiramkan garam ke atas tubuh, kalau di dalam tubuh itu ada luka makan akan terasa perih dan sakit, kalau tubuh itu lelah, maka siraman itu itu justru akan menyegarkan”, maka jelas garam itu adalah buku ini. Perih, sakit dan akhirnya menyegarkan.

Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai dari satu urusan tetaplah bekerja keras untuk urusan yang lain” (Q.S Insyirah : 6-7).

So, keep moving kawan. Ini ada petikan yang saya ambil dari buku tersebut : Semakin jauh kita berjalan, semakin terang jalan-jalan baru yang terbentang. Inspirasi baru yang menganga. Gagasan baru yang mempesona. Spirit baru yang menggelora. Karya baru yang menyejarah. Cara baru yang lebih dewasa, membuat kita semakin kaya. Kaya yang seluas-luasnya (Keyakinan Akan Membuka Jalan, Hal. 54).

Terima kasih untuk kedua penulis yang telah menghadirkan buku ini ke tengah-tengah pembaca, semoga menjadi pahala berkepanjangan yang senantiasa mengalir untuk keduanya.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: